Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Pelajari e-Surat, Pemkot Mojokerto Kunjungi Surabaya

Bidang Teknologi dan Informatika
» Network Monitoring
Bidang eGov
» eSurat » Gessy

photo

Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya mengusung Smart City dalam pengelolaan kota Surabaya. Melalui aplikasi-aplikasi terintegrasi, alur birokrasi dan administrasi menjadi lebih cepat sebagai pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kota Mojokerto melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Surabaya.

Bertempat di ruang rapat eks Media Center, Gedung Pemkot Surabaya lantai 5, Kamis (14/7), lima orang dari Pemerintah Kota Mojokerto disambut oleh Yudho Febriadi, Kabid Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (eGov) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

 

Giyanto, Pemerintah Kota Mojokerto mengatakan, kunjungan kali ini merupakan kunjungan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan saat HUT kota Surabaya tahun ini.

 

Yudho Febriadi, Kabid Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (eGov) Dinkominfo kota Surabaya menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya telah memanfaatkan aplikasi e-Surat. Melalui aplikasi tersebut, kini tidak ada lagi surat berbentuk hardcopy yang didistribusikan.

 

Masih menurut Yudho, hardcopy surat yang diterima dari institusi selain Pemerintah Kota Surabaya akan discan. Kemudian softcopy akan diteruskan ke SKPD terkait dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam aplikasi e-Surat. Berikutnya akan terkirim sms otomatis ke sekretaris. Sekretaris akan menyetujui dengan otorisasi nomor unik yang dikirim melalui sms.

 

Terkait surat keluar, staf membuat konsep surat dengan koreksi atau persetujuan pimpinan secara berjenjang dari staf, kasie, kabid dan sekretaris. Kemudian kepala SKPD membaca konsep surat dilanjutkan kepala SKPD meminta kode verifikasi. Kode verifikasi terkirim via sms kemudian kode verifikasi dientri untuk persetujuan. Dilanjutkan dengan pemberian nomor surat. Kemudian e-surat dikirim ke instansi yang dituju. Sementara untuk luar instansi Pemerintah Kota Surabaya dikirim secara manual.

 

Yudho lebih lanjut menjelaskan, untuk mendukung aplikasi e-Surat dan e-Government lainnya Pemerintah Kota Surabaya diperkuat dengan jaringan fiber optik yang menghubungkan kantor SKPD, kecamatan, kelurahan, dan fasilitas publik lainnya. (Pri)


Kembali ke Indeks Berita