Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Dinkominfo Gelar Workshop Berbasis Open Source

Bidang Teknologi dan Informatika
» Network Monitoring
Bidang eGov
» eSurat » Gessy

photo

Dinkominfo-Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) siswa dituntut memiliki nilai kreativitas tinggi. Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya melalui Bidang Pos dan Telekomunikasi menggelar Workshop Kompetisi Berbasis Open Source. Bertempat di Gedung Wanita lantai dasar, (22/10), acara tersebut diikuti oleh perwakilan guru dan pelajar.

Adang Kurniawan, Kabid Postel Dinkominfo kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya Dinkominfo kota Surabaya telah menggelar program inkubasi yang berhasil menjaring sekitar 200 siswa bertalenta dari multidisiplin ilmu. Pihak Dinas Kominfo telah menjalin kerja sama dengan pihak swasta untuk melakukan penempatan kerja. Peserta nantinya akan diseleksi selama tiga bulan melalui pelatihan.

Pihaknya juga memfasilitasi pendirian badan usaha melalui notaris tanpa pungutan biaya. Untuk memberi pelatihan, pihaknya menggandeng perguruan tinggi seperti Pens, ITS, Stikom, Ubaya, Petra, dan Narotama.

Adang menambahkan, untuk tahun ini kompetisi yang digelar meliputi, majalah digital, animasi digital, game digital, animation motion capture dance team, cyber defense competition (CDC), robotika junior, robotika senior, teknologi inovasi dan kreasi.

Sebagai informasi, tahun ini kompetisi mendapat tambahan kompetisi robotika dan cyber defense. Untuk kompetisi robotika, nantinya akan menyentuh SD, SMP dan SMA. Klasifikasi peserta bukan kelas, melainkan dibedakan berdasarkan usia.

Workshop tersebut menampilkan dua narasumber berkompeten untuk menjelaskan materi terkait kompetisi robotika dan CDC. Salah satunya, Benediktus Anindito, Dosen Fakultas Ilmu komputer Universitas Narotama. Ia menjelaskan materi Pengenalan Cyber Defense Competition. Dalam kesempatan tersebut ia memutar video tentang Weevely Backdoor pada operating system Linux.

Sedangkan, Dhadhang SBW, Sekolah Robot Indonesia menjelaskan perkembangan robot di Indonesia. Ia mengaku, ia mempelajari robot untuk riset dan mengikuti kompetisi. Dalam kesempatan tersebut ia juga menjelaskan beberapa jenis robot. (pri)


Kembali ke Indeks Berita