Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

Kemenkominfo Apresiasi Layanan Call Center 112

Bidang Teknologi dan Informatika
» Network Monitoring
Bidang eGov
» eSurat » Gessy

photo

Dikominfo – Inovasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali mendapat apresiasi. Terbaru, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan apreasiasinya kepada inovasi layanan tanggap darurat call center 112 saat melakukan koordinasi implementasi layanan nomer tunggal panggilan darurat, Jumat (19/8).

Ismail, Direktur Pengembangan Pita Lebar Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo mengungkapkan, layanan tanggap darurat 112 milik Pemkot Surabaya ini merupakan invasi yang luar biasa. Hal tersebut merupakan suatu terobosan sekaligus menunjukkan komitmen pemkot dalam memberikan pelayanan publik yang optimal. Bukan tidak mungkin inovasi ini nantinya akan digunakan sebagai percontohan nasional.

Hefli Syarifuddin Madjid, Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika mengatakan, untuk layanan 112 ini sudah berjalan dalam melayani laporan masyarakat. “Kedepan akan dilakukan beberapa pengembangan lagi, salah satunya yaitu pembekalan skill bagi operator call center 112” Ujarnya.

Sementara itu, Heru Biantoro, Account Manager Telkom menungkapkan, sesuai kordinasi yang telah dilakukan, akan dilakukan pengembangan agar masyarakat pengguna layanan dapat menghubungi nomor 112 dengan cepat dan nyaman. “Nantinya kami akan melakukan kordinasi dengan operator penyedia layanan telekomunikasi dan membahas secara teknis bagaimana melakukan peningkatan akses 112 bagi masyarakat.” Ungkapnya.

Selain melakukan rapat kordinasi, rombongan Kemenkominfo juga melakukan kunjungan ke command center Pemkot Surabaya eks-Siola lantai 2. Dalam kunjungan tersebut selain melihat proses penanganan laporan warga, salah satu dari rombongan juga mencoba layanan tersebut secara langsung. (ynu)


Kembali ke Indeks Berita