Jl. Jimerto 25-27 Surabaya - Gedung Pemerintah Kota Surabaya Lt.5

goadmin/img-berita/288_comtech nusantara.jpg

Kunjungan Mahasiswa CommTech Nusantara Pelajari Smart City

Bidang Teknologi dan Informatika
» Network Monitoring
Bidang eGov
» eSurat » Gessy

photo

 

Dinkominfo-Keberhasilan Pemerintah Kota Surabaya dalam membuat inovasi-inovasi terbaru menjadi magnet bagi berbagai instansi baik pemerintah maupun pendidikan untuk datang dan melihat tentang resep keberhasilan tersebut, Rabu (6/12) rombongan mahasiswa internasional dari Commtech Nusantara datang berkunjung untuk melihat pelayanan yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. 
Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo Gedung Pemkot Jimerto, rombongan sebanyak 18 mahasiswa dari berbagai negara di asia diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Cahyo Utomo
Cahyo memaparkan bahwa di e-Government sudah dibangun sejak 2009. Ia menjelaskan bahwa e-Gov ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik sekaligus memberikan suatu sistem yang terkoordinasi dan tersinkronisasi antar satu OPD dengan OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.
Cahyo juga menjabarkan menggunakan e-government untuk tata kelola Pemerintahan itu bagaikan arus dari hulu sampai hilir. Dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan hingga monitoring dan pertanggung jawaban semuanya akan terperinci dan terintegrasi pada masing-masing instansi.
Cahyo menjelaskan secara garis besar tentang e Government yang terdiri dari beberapa layanan publik seperti e-Surat, Surabaya Single Window, e-Health, e-Wadul, e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling. Keseluruhan project tersebut harus sirat akan makna good governance yang dianut Pemkot Surabaya.
Cahyo juga menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya juga memberikan fasilitas kepada generasi muda untuk mengembangkan diri melalui koridor co Working Space. Selain itu Pemkot juga membuka layanan pengaduan yang dapat diakses dengan melalui berbagai jalur dan media sosial. Untuk pengembangan SDM terkait IT, Pemkot menyediakan Broadband Learning Center yang tersebar di seluruh taman dan rusun Surabaya. 
Berbagai sarana dan prasarana juga disiapkan guna menunjang pelayanan berbasis IT dengan membangun fiber optik sepanjang 100 km lebih di Surabaya. 
Di akhir paparan, Cahyo menyampaikan "Surabaya membuat sebuah project perubahan. Walikota kami selalu menyebutkan kunci project perubahan itu ada 3 Leadership, Komitmen, serta Komunikasi dan Koordinasi

Dinkominfo-Keberhasilan Pemerintah Kota Surabaya dalam membuat inovasi-inovasi terbaru menjadi magnet bagi berbagai instansi baik pemerintah maupun pendidikan untuk datang dan melihat tentang resep keberhasilan tersebut, Rabu (6/12) rombongan mahasiswa internasional dari Commtech Nusantara datang berkunjung untuk melihat pelayanan yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. 
Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo Gedung Pemkot Jimerto, rombongan sebanyak 18 mahasiswa dari berbagai negara di asia diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Cahyo Utomo
Cahyo memaparkan bahwa di e-Government sudah dibangun sejak 2009. Ia menjelaskan bahwa e-Gov ini untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik sekaligus memberikan suatu sistem yang terkoordinasi dan tersinkronisasi antar satu OPD dengan OPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.
Cahyo juga menjabarkan menggunakan e-government untuk tata kelola Pemerintahan itu bagaikan arus dari hulu sampai hilir. Dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan hingga monitoring dan pertanggung jawaban semuanya akan terperinci dan terintegrasi pada masing-masing instansi.
Cahyo menjelaskan secara garis besar tentang e Government yang terdiri dari beberapa layanan publik seperti e-Surat, Surabaya Single Window, e-Health, e-Wadul, e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling. Keseluruhan project tersebut harus sirat akan makna good governance yang dianut Pemkot Surabaya.
Cahyo juga menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya juga memberikan fasilitas kepada generasi muda untuk mengembangkan diri melalui koridor co Working Space. Selain itu Pemkot juga membuka layanan pengaduan yang dapat diakses dengan melalui berbagai jalur dan media sosial. Untuk pengembangan SDM terkait IT, Pemkot menyediakan Broadband Learning Center yang tersebar di seluruh taman dan rusun Surabaya. 
Berbagai sarana dan prasarana juga disiapkan guna menunjang pelayanan berbasis IT dengan membangun fiber optik sepanjang 100 km lebih di Surabaya. 
Di akhir paparan, Cahyo menyampaikan "Surabaya membuat sebuah project perubahan. Walikota kami selalu menyebutkan kunci project perubahan itu ada 3 Leadership, Komitmen, serta Komunikasi dan Koordinasi

 


Kembali ke Indeks Berita