Selamat Datang di Portal Web Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya

Sejarah Dinkominfo

Pada awalnya Badan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( BAPETIKOM ) berdiri pada bulan November  2005. Karena ada Peraturan baru dalam rangka pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka dilaksanakan langkah – langkah penyelarasan dan penataan kembali organisasi perangkat daerah yang ada sebagai upaya penguatan peraturan, akuntanbilitas kinerja kelembagaan Perangkat Daerah.

Bahwa untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui langkah – langkah sebagaimana dimaksud diatas, telah di bentuk Organisasi Perangkat Daerah sesuai karakteristik, kebutuhan dan potensi, kemampuan keuangan Daerah serta ketersediaan sumber daya aparatur  Peraturan Daerah nomor  8  tahun  2008  pada tanggal 15  Desember 2008. Dalam Peraturan Daerah tersebut, Badan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ditetapkan dan berubah menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kemudian pada tanggal 11 Nopember 2016, ditetapkan kembali Peraturan Walikota Surabaya No.61 Tahun 2017 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Dalam Peraturan tersebut  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya ditetapkan.  

Secara umum DINKOMINFO membawahi 49 PNS yang terbagi dalam 4 bidang yaitu :

  1. Sekretariat
  2. Bidang Informasi  dan Komunikasi Publik ( IKP )
  3. Bidang Teknologi dan Informatika ( TI )
  4. Bidang Layanan Pemerintah Berbasis Elektronik (e-Gov)

Sedangkan DINKOMINFO sendiri adalah Dinas  yang mempunyai tugas melaksanakan kewenangan daerah di bidang pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta melaksanakan tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemerintah dan atau Pemerintah Provinsi dimana dalam setiap kegiatannya selalu berhubungan dengan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi, Pengembangan dan Pemeliharaan Jaringan Komputer Antar Bidang, Pengelolaan Produksi Informasi dan Publikasi, Pengelolaan  dan Pengembangan Komunikasi Publik, yang mana pada setiap kegiatan-kegiatan  tersebut terbagi menjadi  4  bidang yang dibawahi oleh kepala bidang dari setiap bidangnya dan satu sekretaris. Sebagai Lembaga pemerintahan yang mempunyai tanggung jawab besar dan bergerak di dalam lingkungan Pemerintah Kota Surabaya maka tidak menutup kemungkinan DINKOMINFO mempunyai tugas pokok dan fungsi yang besar dalam membangun Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) di Kota Surabaya.

Download