Selamat Datang di Portal Web Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya

E-Kios Raih Penghargaan Inotek 2015 Jawa Timur Bidang Inovasi Teknologi Informasi

Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 70 tahun menjadi momen tersendiri bagi Pemerintah Kota Surabaya. Pasalnya Kota Pahlawan kembali menerima penghargaan di bidang teknologi dan informasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur dalam anugerah Inovasi dan Teknologi (Inotek) 2015 yang diberikan atas inovasi percepatan pelayanan publik oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui e-Kios. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo seusai Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timu ke 70 di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/10).

Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya mengatakan,sebelum pemkot terpilih menjadi juara, pihaknya menerima surat dari Balitbang Jatim untuk berpartisipasi terkait dengan program atau inovasi apa di kabupaten kota terkait dengan pelayanan publik khusus dibidang teknologi.

Setelah melalui proses administrasi serta kunjungan lapangan, terpilih e-Kios menjadi salah satu 3 besar juara. Surabaya sendiri merupakan satu-satunya pemenang yang berasal dari lembaga/instansi pemerintahan.

e-Kios, lanjut Antiek, dipilih karena meupakan inovasi percepatan pelayanan publik dimana dalam e-kios tersebut terdiri dari berbagai pelayanan yakni, Surabaya Single Window (SSW) untuk berbagai jenis perijinan, e-Health untuk admnisitrasi kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas, serta e-Lampid untuk kepengurusan adminstrasi kependudukan seperti akta kelahiran dan kematian.

Terkait dengan penghargaan yang telah diraih kesekian kalinya oleh Pemkot Surabaya, Antiek mengungkapkan, penghargaan bukanlah tujuan utama dari inovasi yang terus dilakukan oleh Kota Pahlawan, namun yang utama adalah bagaimana pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik yang mudah, cepat, murah serta transparan bagi masyarakat. Kedepannya, apresiasi yang diberikan kepada Pemkot Surabaya ini akan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. (ynu)

Kembali

Share