Selamat Datang di Portal Web Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya

Aplikasi E-Surat

Deskripsi

 E-surat merupakan aplikasi pengelolaan surat menyurat secara digital/elektronik berbasis opensource dan terintegrasi dengan sistem SMS yang berguna untuk mempercepat penyampaian informasi surat dan disposisi kepada pihak yang dituju. Surat yang dikelola terdiri dari surat masuk, surat keluar, sampai pemberkasannya secara elektronik di lingkungan SKPD Pemerintah Kota Surabaya. Aplikasi E-Surat sendiri dapat diakses di http://esurat.surabaya.go.id/

 

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki aplikasi E-Surat ini adalah:

  1. Informasi disposisi dan surat masuk via SMS.
  2. Koreksi dan persetujuan pimpinan dapat dilakukan via SMS (otorisasi tanda tangan digital).
  3. Pencarian surat yang cepat dan akurat.
  4. Terintegrasi dengan Badan Arsip dan Perpustakaan sehingga dapat dilakukan monitoring posisi fisik surat sesuai Jadwal Resistensi Arsip (JRA).
  5. Terdapat fasilitas chatt yang akan mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan user lain.
  6. Dapat dijalankan secara mobile, baik dengan Laptop, Smartphone maupun perangkat mobile yang terhubung dengan internet lainnya.

Manfaat

Beberapa manfaat yang didapatkan dengan penggunaan aplikasi E-Surat ini antara lain:

  1. Dapat menghemat biaya kertas (paperless) dan biaya pengiriman surat yang biasanya melalui kurir.
  2. Efisiensi kerja. Dengan menggunakan aplikasi E-Surat ini, proses penerimaan surat, proses disposisi dapat diketahui dengan lebih cepat.
  3. Arsip dokumen tersimpan secara digital, shg memudahkan proses pencarian (searching) dan telah terintegrasi dengan Badan Arsip Surabaya.

Tujuan

Aplikasi E-Surat ini dibuat dengan maksud untuk mempermudah proses surat menyurat antar SKPD Pemerintah Kota Surabaya, sehingga pelaksanaannya lebih efektif dan efisien. Juga mempermudah dalam proses pengarsipan secara digital.